Fungsi adalah rumus yang sudah di defenisikan
untuk mencari nilai tertentu dengan menggunakan data atau kumpulan data yang
ada atau bias di sebut argument. Fungsi dapat digunakan untuk membentuk
perhitungan yang sederhana. Untuk memasukan faungsi dalam excel digunakan rumus
:
= NamaFungsi(ARgumen1, Argumen2)
|
Argumen-argumen dapat dari bilangan-bilangan,
nilai-nilai logika, sela-sela acuan, dan lain-lain. Menambahkan fungsi dapat
dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :
1.
Klik sel tempat kita ingin
menambahkan sebuah fungsi.
2.
Dari menu formula, klik insert
function, kotak dialog insert function akan ditampilkan.
3.
Pada kotak pilihan or select a
category, kita dapat memilih tipe fungsi yang akan di gunakan atau memilih all
untuk menampilkan semua fungsi yang dimiliki excel.
4.
Pilihlah fungsi yang digunakan di
select a function. Apabila fungsi yang digunakan tidak ditampilkan, gerakanlah
scroll bar ke atas atau bawah.
5.
Bila kita memilih sebuah fungsi,
dibagian bawah kotak dialog akan terlihat sintaks fungsi tersebut.
6.
Klik tombol ok.
7.
Klik kotak di sebelah number 1
pilihlah range sel yang menjadi argument fungsi tersebut. Maka kotak dialog
function arguments akan berubah.
8.
Klik kembali tombol sebelah kanan
kotak isian number 1. Maka kotak dialog function arguments akan kembali ke
bentuk semula.
9.
Karena semua data yang ingin
dihitung sudah dimasukan, biarkan kotak isian number 2 kosong.
10. Klik
tombol OK. Maka hasil fungsi akan langsung di tampilkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar