Cara Menggunakan Freeze pada Excel 2010


Pada tutorial kali ini akan saya coba untuk berbagi pengetahuan bagaimana cara menggunakan fungsi Freeze Panes. Sesuai dengan namanya, Freeze panes berfungsi untuk membuat kolom atau baris tertentu menjadi beku (tetap, tidak ikut bergerak) jika kita geser scrolbar ke atas bawah atau kanan kiri. Freeze panes sangat berguna jika kita ingin mengisikan suatu data panjang dan kita ingin agar bagian header kolom tersebut muncul walaupun kita sudah mengetik  melebihi lebar layar.

Secara umum fungsi freeze panes ini pada MS Excel ada tiga jenis yaitu: (1) Freeze pada baris pertama saja, (2) Freeze pada kolom pertama saja, dan (3) freeze pada baris dan kolom sekaligus sesuai dengan yang kita tentukan.

Untuk memfungsikan freeze panes ini, kita dapat mengaktifkannya langsung pada Excel dengan mengklik pada Tab View kemudian pada klik Freeze panes.

Ada 3 fungsi yaitu:
  • Freeze Panes
Digunakan jika kita ingin memfreeze baris dan kolom sekaligus.
Contoh penggunaan:
Jika misalkan kita ingin memfreeze pada baris pertama (1) dan kolom pertama (A), maka tinggal klik pada sel B2 kemudian klik freeze pane. Untuk mengembalikan seperti semula tinggal klik Unfreeze pane pada tempat yang sama.
  • Freeze Top Row
Digunakan untuk memfreeze pada baris pertama saja.
  • Freeze First Column
Digunakan untuk memfreeze pada kolom pertama saja.

Untuk mengembalikan semua freeze yang kita buat ke semula tinggal Klik Unfreeze pane pada tempat yang sama.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar