Pembuatan Buku Besar Akuntansi dengan Menggunakan MS. Excel



Membuat laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel adalah sesuatu yang mudah. Pada umumnya , penggunaan aplikasi excel digunakan pada saat pembuatan neraca lajur. Namun tidak salah jika kita memanfaatkan aplikasi excel dari awal , dari posting pertama kali ke buku besar .Tujuan dari pada ini agar pencatatan Laporan Keuangan menjadi lebih rapi.
Langkah – langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

Langkah 1

Bukalah program Microsoft excel. Lalu Mulailah membuat lembar kerja untuk semua rekening pada buku besar. Di sini saya membuat Buku Besar Kas terlebih dahulu .Buatlah 1 Tabel pada lembar kerja excel .

langkah 2

Masukkan setiap transaksi per tanggal dan nama perkiraan masing –masing di kolom debet atau kredit . berikut contoh transaksi, buku besar masing masing perkiraan.

Langkah 3

Nah Sekarang untuk mendapatkan nilai total kolom debet dan kredit adalah dengan menjumlahkan masing-masing kolom debet dan kolom kredit dengan mengunakan rumus.
Pada gambar di atas, Letakan kursor pada sel E13
Masukkan rumus =SUM(sorot Debet baris 5 sampai Debet baris 11) kemudian enter. Hasilnya 67.000.000.
Untuk mendapatkan hasil jumlah Kolom Kredit lakukan hal Serupa dengan cara sebelumnya
  • rumus =SUM(sorot Kredit baris 5 sampai Kredit baris 11)hasilnya  31.000.000
Masukkan rumus untuk menghitung jumlah saldo debet dan jumlah saldo kredit.
  • Menghitung saldo debet
Logika rumusnya , jika jumlah debet  > jumlah Kredit , maka Saldo Debet = jumlah Debet -  jumlah Kredit. Letakan kursor pada sel saldo debet , maka rumusnya = IF(E12 > F12,E12,0) hasilnya 36.000.000
Begitu juga dengan Menghitung saldo kredit
Logika rumusnya , jika jumlah kredit > jumlah debet maka saldo kredit = jumlah kredit – jumlah debet. Atau rumusnya =IF(F12>E12,F12-E12,0) Maka hasilnya adalah nol karena bagian debet jumlahnya lebih kecil dari pada kredit.
Kita sudah membuat 1 buku besar Kas. Untuk buku besar lainnya dikerjakan pada worksheet selanjutnya , untuk membuatnya lakukan dengan cara yang sama yaitu mengcopy table yang sudah dilakukan sebelumnya dan tinggal mengganti Transaksi per tanggal dan nama perkiraan masing –masing di kolom debet atau kredit.

2 komentar:

  1. mba kok gambar nya gag keliatan .. bisa bantuin aku ngerjain buku besar pake excel :D

    BalasHapus
  2. Terimakasih, artikelnya bermanfaat. Cek juga dong aplikasi akuntansi geratis buatan anak Indonesia di kiper.co.id

    BalasHapus