Menggunakan fungsi


Fungsi adalah rumus yang sudah di defenisikan untuk mencari nilai tertentu dengan menggunakan data atau kumpulan data yang ada atau bias di sebut argument. Fungsi dapat digunakan untuk membentuk perhitungan yang sederhana. Untuk memasukan faungsi dalam excel digunakan rumus :
= NamaFungsi(ARgumen1, Argumen2)
Argumen-argumen dapat dari bilangan-bilangan, nilai-nilai logika, sela-sela acuan, dan lain-lain. Menambahkan fungsi dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :
1.     Klik sel tempat kita ingin menambahkan sebuah fungsi.
2.    Dari menu formula, klik insert function, kotak dialog insert function akan ditampilkan.
3.    Pada kotak pilihan or select a category, kita dapat memilih tipe fungsi yang akan di gunakan atau memilih all untuk menampilkan semua fungsi yang dimiliki excel.
4.    Pilihlah fungsi yang digunakan di select a function. Apabila fungsi yang digunakan tidak ditampilkan, gerakanlah scroll bar ke atas atau bawah.
5.    Bila kita memilih sebuah fungsi, dibagian bawah kotak dialog akan terlihat sintaks fungsi tersebut.
6.    Klik tombol ok.
7.    Klik kotak di sebelah number 1 pilihlah range sel yang menjadi argument fungsi tersebut. Maka kotak dialog function arguments akan berubah.
8.    Klik kembali tombol sebelah kanan kotak isian number 1. Maka kotak dialog function arguments akan kembali ke bentuk semula.
9.    Karena semua data yang ingin dihitung sudah dimasukan, biarkan kotak isian number 2 kosong.
10. Klik tombol OK. Maka hasil fungsi akan langsung di tampilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar